Wednesday, June 8, 2016

ANALISIS KEBUTUHAN SISTEM BASIS DATA



Gambaran kebutuhan Sistem Informasi Sebuah Persewaan Film. Dalam sistem ini yang dibutuhkan adalah sebuah sistem yang mampu melaksanakan sistem penyimpanan, pencarian, dan pembayaran yang berkaitan dengan peminjaman film dalam sebuah usaha persewaan

1.1.1.      Peminjam
Peminjam adalah pengguna sistem yang membutuhkan sistem ini untuk mengetahui film apa saja yang tersedia, yang mungkin meliputi pencarian berdarkan judul, binang film, tahun film, dan informasi lainnya.


1.1.3        Pengelola Usaha
Pengelola dari Sistem Informasi ini adalah karyawan atau pemilik dari usaha persewaan film, yang memiliki kebutuhan akan adanya informasi yang berkaitan dengan transaksi selama kurun waktu tertentu.

1.1.4        Manajemen
Manajemen adalah pihak yang berhak mengetahui sesuatu yang berkaitan dengan data mengenai pengelola dan semua transaksi yang dilakukan


2.1 Entitas Data

Sistem Informasi Persewaan Film harus memiliki catatan mengenai entitas yang berkaitan. Setiap entitas harus memiliki beberapa atribut.

2.1.1        Penyewa
Sistem harus menyimpan data mengenai mahasiswa yang bersangkutan :

·         Nama
·         No identitas peminjam
·         No telepon
·         Alamat
·         Email
·         Jenis Kelamin
·         Tanggal lahir
·         kartujaminan
·         tanggal mulai keanggotaan


2.1.2        Film
Sistem harus menyimpan data mengenai film yang ada di dalam persewaan :

·         No film
·         judul
·         deskripsi film
·         kategori film
·         rating film
·         nama bintang film
·         nama sutradara film
·         jenis formata penyimpanan
·         tahun produksi
·         bahasa
·         durasi tayang
·         tanggal edar
·         ketersediaan
·         Nomer identitas karyawan

2.1.3        Pengelola/karyawan 
Sistem harus menyimpan data mengenai karyawan yang mengelola usaha bisnis penyewaan

·         Nama
·         No Identitas karyawan
·         Nomer unit kerja
·         Tanggal mulai kerja

2.1.4        Transaksi Peminjaman
Sistem harus menyimpan data jenis transaksi peminjaman di dalam usaha persewaan

·         Nomer transaksi
·         Nomer peminjam
·         Tanggal dipinjamkan
·         Nomer karyawan


2.1.5        Transaksi Pengembalian
Sistem harus menyimpan data pengembalian dari film yang dipinjamkan
·         Nomer pengembalian
·         Film yang dikembalikan 
·         Lama peminjaman
·         Harga sewa peminjaman
·         Tanggalpengembalian


3.1 Kebutuhan entri data

Sistem harus menyediakan bermacam form tampilan untuk memasukkan data ke dalam system


3.1.1.   Entri Data yang berhubungan dengan penyewa
           
Sistem harus menyediakan form pemeliharaan (maintenance) penyewa, yang harus mendukung operasi berikut :

3.1.1.1 Add penyewa
·         Form pemeliharan penyewa harus mengijinkan user untuk menambah data penyewa ke dalam system. Untuk menambah data penyewa, maka user harus memasukkan data nomer identitas penyewa, nama, alamat, tangal lahir, jenis kelamin, nomer telpon, email, jenis kartu jaminan, nomer kartu jaminan, tanggal berakhirnya kartu jaminan, tanggal mulai keanggotaan.
Alasan : tiap saat penyewa yang ingin meminjam film bertambah sehingga harus ada mekanisme penambaan data

            3.1.1.2 Edit penyewa
·         Form pemeliharaan penyewa harus mengijinkan user untuk mengedit data penyewa yang ada di dalam system. User memiliki kewenangan untuk mengubah semua data yang ada di dalam data penyewa.

Alasan : kemungkinan untuk berpindah dari satu alamat ke alamat lainnya, kemudian kemungkinan untuk berpindah jenis kartu jaminan dan beberapa informasi lainnya

3.1.1.2  Delete penyewa
Form pemeliharaan penyewa harus mengijinkan user untuk menghapus data penyewa yang ada di dalam system. User memiliki kewenangan untuk menghapus seluruh data yang berkaitan dengan penyewa tertentu.

Alasan : kemungkinan untuk tidak aktif lagi sebagai anggota atau tidak meneruskan keangotaan karena beberapa alasan selalu bisa terjadi.

3.1.2.   Entri Data yang berhubungan dengan Pengelola/karyawan 
           
Sistem harus menyediakan form pemeliharaan (maintenance) pengelola/karyawan, yang harus mendukung operasi berikut :

3.1.2.1 Add Pengelola
·         Form pemeliharan pengelola/karyawan harus mengijinkan user untuk menambah data pengelola/karyawan ke dalam system. Untuk menambah data pengelola maka user harus memasukkan nomer identitas karyawan, nama karyawan, unit kerja,  tanggal mulai kerja

Alasan : tiap saat terjadi penambahan karyawan yang diangkat oleh suatu unit usaha bertambah sehingga harus ada mekanisme penambaan data

            3.1.2.2 Edit Pengelola 
·         Form pemeliharaan pengelola harus mengijinkan user untuk mengedit data pengelola yang ada di dalam system. User memiliki kewenangan untuk mengubah nomer identitas karyawan, nama karyawan, unit kerja,  tanggal mulai kerja

Alasan : kemungkinan untuk perubahan unit kerja sebagai pengelola selalu ada sehingga harus ada mekanisme untuk edit data

3.1.2.3  Delete Pengelola/karyawan
Form pemeliharaan pengelola harus mengijinkan user untuk menghapus data karyawan yang ada di dalam system. User memiliki kewenangan untuk menghapus seluruh data yang berkaitan dengan karyawan tertentu.
Alasan : kemungkinan untuk berhenti atau pindah ke instansi lain karena beberapa alasan selalu bisa terjadi.

3.1.5.   Entri Data yang berhubungan dengan Film   
           
Sistem harus menyediakan form pemeliharaan (maintenance) film, yang harus mendukung operasi berikut :

3.1.5.1 Add Film 
·         Form pemeliharan film harus mengijinkan user untuk menambah data film ke dalam system. Untuk menambah data film ke dalam system, maka user harus memasukkan nomer film, judul film, deskripsi film, bintang film, sutradara, format penyimpanan, rating film, bahasa yang digunakan, kategori film yang digunakan, tahun produksi, durasi film, biaya sewa, dan waktu edar. 

Alasan : tiap saat terjadi penambahan film ang akan disewakan sehingga harus ada mekanisme penambaan data

3.1.4.   Entri Data yang berhubungan dengan Pembayaran 
           
Sistem harus menyediakan form pemeliharaan (maintenance) Pembayaran, yang harus mendukung operasi berikut :

3.1.4.1 Add Pembayaran
·         Form Pengelola harus mengijinkan user untuk menambah data pembayaran yaitu menambah data Nama Pembayaran, Kode Pembayaran, Besar Pembayaran, Tahun Akademik

Alasan : kemungkinan terjadi penambahan jenis pembayaran selalu terjadi karena mungkin ada perubahan jumlah program yang ditawarkan

            3.1.4.2 Edit Pembayaran  
·         Form pemeliharaan Pengelola harus mengijinkan user untuk mengedit data pembayaran yang ada di dalam system. User memiliki kewenangan untuk mengubah data Nama Pembayaran, Kode Pembayaran, Besar Pembayaran, Tahun Akademik

Alasan : Tiap tahun akan selalu terjadi pergantian jenis pembayaran yang terjadi, sehingga harus ada mekanisme untuk memperbaharui data. 

3.1.4.3  Delete Pembayaran  
Form pemeliharaan pembayaran harus mengijinkan user untuk menghapus data jenis pembayaran yang ada di dalam system. User memiliki kewenangan untuk menghapus seluruh data yang berkaitan dengan pembayaran tertentu.

Alasan : kemungkinan terjadinya perubahan struktur pembayaran sehingga perlu kiranya terdapat penghapusan data mengenai pembayaran tertentu.


4.1. Kebutuhan Laporan
           
            Kebutuhan Laporan menggambarkan laporan yang harus disediakan oleh system

4.1.1        laporan yang berhubungan dengan mahasiswa
Sistem harus mampu membangkitkan informasi yang berhubungan dengan mahasiswa
            4.1.1.1 laporan Pembayaran
Mahasiswa dapat melihat record pembayaran yang telah dilakukan.

            4.1.1.3 laporan ke pengelola
Tiap semester system harus mampu menyediakan laporan yang meberi informasi tentang record pembayaran mahasiswa pertahunnya berdasar program studi, Jurusan, Fakultas, bank, jenis pembayaran dengan pembatasan sesuai kewenangan pengelola
           

4.1.2        laporan yang berkaitan dengan orang tua mahasiswa
4.1.2.1  laporan pembayaran mahasiswa
laporan harus memberi informasi mengenai status pembayaran oleh mahasiswa dengan semua record pembayaran yang telah dilakukan

4.1.3        laporan yang berkaitan dengan lembaga keuangan
4.1.3.1  laporan pembayaran
laporan harus mampu memberikan gambaran tentang record pembayaran berdasar jenis-jenis pembayaran dan berdasar program studi, fakultas

Pendekatan Obyek Oriented Disain

Mengidentifikasi Use Case
Aktor
Event
Mahasiswa
  • Membayar biaya pendidikan

  • Membayar KKN

  • Membayar wisuda
Orang tua mahasiswa
  • Memantau pembayaran anak
Pengelola Bagian Keuangan
  • Memantau pembayaran mahasiswa

  • Menerima pembayaran non Bank

  • Melaporkan pembayaran
Bank
  • Menerima pembayaran SPP

  • Menerima pembayaran wisuda

  • Menerima pembayaran wisuda

Diagram Use Case


Gambar 1. Use Case Mekanisme proses pembayaran mahasiswa

Use Case : Membayar SPP

Aktor   : mahasiswa, pengelola

Action

Respon System
Pembayaran dilakukan di Bank atau instansi yang telah ditunjuk

Bank atau instansi dapat mengidentifikasi mahasiswa yang akan membayar dengan mengakses database mahasiswa
Sistem dapat mengetahui mengenai keberadaan mahasiswa tersebut dengan menunjukkan nama mahasiswa dan item yang harus dibayar
Untuk mahasiswa baru maka bank harus mengisikan ke dalam database

Bank memilih jenis pembayaran yang dilakukan oleh mahasiswa pada semester yang telah ditentukan

Bank mengaktivasi mahasiswa untuk masuk ke dalam sistem informasi akademik bila pembayaran telah selesai
Sistem memberikan bukti bahwa mahasiswa telah selesai melakukan registrasi dengan memberikan account dan password untuk masuk ke dalam sistem informasi lainnya

Alternatif
  • Mahasiswa yang tidak melalukan pembayaran sesuai dengan ketentuan yang telah diatur maka harus membayar SPP dan biaya lainnya melalui bagian keuangan Universitas dengan melapor ke pejabat yang berwenang memutuskan



Use Case : Membayar KKN

Aktor   : mahasiswa, pengelola

Action

Respon System
Mahasiswa membayar KKN di instansi yang mengurusi pembayaran
Melakukan  identifikasi di sistem akademik apakah mahasiswa yang bersangkutan sudah melakukan pendaftaran KKN
Setelah proses administrasi KKN selesai maka sistem mengaktivasi mahasiswa yang bersangkutan untuk dapat mengakses sistem informasi yang berkenaan dengan KKN  


Alternatif
·         Bila pada waktu batas akhir yang ditetapkan untuk membayar pendaftaran KKN belum diisi, maka pengelola akan membatalkan program KKN yang diambil mahasiswa dari SIAKAD


Use Case : Membayar wisuda

Aktor   : mahasiswa, pengelola


Action

Respon System
Mahasiswa membayar wisuda di instansi yang mengurusi pembayaran
Melakukan  identifikasi di sistem akademik apakah mahasiswa yang bersangkutan sudah melakukan selesai secara adminisrasi akademik
Setelah proses administrasi wisuda selesai maka sistem mematikan semua hak akses mahasiswa yang berhubingan dengan SIAKAD  



Gambar 2. Use Case Mekanisme Orang Tua dalam proses pembayaran

Use Case : Meminta informasi pembayaran 

Aktor   : dosen, pengelola

Action

Respon System
Orang tua meminta informasi mengenai pembayaran yang telah dilakukan mahasiswa
Melakukan  identifikasi di sistem akademik apakah mahasiswa yang bersangkutan sudah melakukan selesai secara adminisrasi akademik

Memberikan informasi mengenai track record pembayaran yang dilakukan mahasiswa




 










Gambar 3. Use Case Mekanisme LPM dalam sistem

Use Case : Meminta informasi KKN 


Aktor   : LPM,  pengelola

Action

Respon System
Pengelola LPM memilih fitur tentang informasi mahasiswa yang bersangkutan
Menyajikan laporan



 











Use Case : Meminta informasi Wisuda 


Aktor   : Alumni, pengelola

Action

Respon System
Pengelola wisuda memilih fitur tentang informasi mahasiswa yang bersangkutan
Menyajikan laporan


Model Konseptual

Model konseptual merupakan penggambaran dari domain eleman, dan hubungan antara elemen-elemen tersebut

Mengidentifikasikan konsep
·         Mahasiswa
Sistem Informasi pembayaran merupakan layanan yang diberikan terutama kepada mahasiswa yang merupakan pengguna utama dari sistem ini
·         Bank
Bank juga memanfaatkan sistem informasi pembayaran untuk menjalankan fungsinya sebagai penerima uang yang telah ditentukan oleh pihak Universitas.
·         Pengelola
Pengelola dalam hal ini terbagi menjadi Jurusan, Bagian Keuangan fakultas, dan bagian keuangan Universitas
·         Wali Mahasiswa
Wali mahasiswa memiliki sangat memiliki peranan dalam keutuhan sistem ini


7. User Interface design

Sistem harus menyediakan bermacam form tampilan untuk memasukkan data ke dalam system

Gambar 7. hak Akses Pengelola
























No comments:

Post a Comment